HOME  PROFIL  PRODUK  BERITA  KONSULTASI
  Jam Analog




A.
1.




2.



3.








4.




5.





B.
1.

2.


C.

















D.


E.


F.



G.











H.






























I.



J.

SELAYANG PANDANG
PENERBIT SAKA MITRA KOMPETENSI (SMK)


Latar Belakang Pendirian
Jumlah sekolah dan siswa SMK cukup banyak. Data dari Depdiknas pada tahun 2000/2001 menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan di Pulau Jawa berjumlah 2.593 buah. Terdiri atas 309 SMK Negeri dan 2.284 SMK Swasta. Jumlah siswa baru kelas 1 sebanyak 447.791 siswa, sedangkan keseluruhan siswa SMK (di Pulau Jawa) sebanyak 1.259.711 siswa.
Dalam jangka panjang, ada kecenderungan banyak lulusan SMP yang berminat masuk SMK. Salah satu faktor penyebab adalah tingginya biaya kuliah di perguruan tingi. Selain itu, minat orang tua yang begitu besar agar anaknya segera tertampung di dunia kerja.
Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa buku-buku SMK yang beredar (khususnya program normatif dan adaptif) masih content based. Padahal, Departemen Pendidikan Nasional telah melakukan penyempurnaan terhadap Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan: ”Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan yang semula menggunakan pendekatan berbasis sekolah (school based) dan mata pelajaran (subject matter), mulai disesuaikan menjadi kurikulum yang berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja serta kecenderungan perkembangan IPTEK di masa yang akan datang . . .” (Pedoman Pelaksanaan Kurikulum SMK Edisi 1999).
Seperti diketahui bahwa buku-buku penunjang kegiatan belajar mengajar di SMK sangat terbatas. Bahkan, ada kecenderungan untuk mengajarkan pembelajaran program normatif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan menggunakan buku-buku penunjang kegiatan belajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini jelas tidak sesuai.
Diberlakukannya otonomi daerah menyongsong pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi, daerah berhak menentukan buku-buku pelajaran yang dapat membekali siswa dengan kecakapan hidup (life skill). melalui penguasaan kecakapan hidup (life skill) diharapkan siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mampu mengelola potensi daerahnya.

Tujuan Pendirian
1. Ikut berperan serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui buku.
Menerbitkan buku berkualitas (yang syarat dengan prinsip untuk mencapai kompetensi) dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di SMK.

Sejarah Pendirian
PT Saka Mitra Kompetensi (SMK) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan. Penerbit SMK berdiri pada tanggal Februari 2003. Kantor Penerbit SMK berada di Jalan Ki Hajar Dewantoro Kotak Pos 246, Klaten 57438, Jawa Tengah. Telepon (0272) 321641, Faks. (0272) 322607.
Nama Penerbit SMK yang merupakan singkatan dari Saka Mitra Kompetensi, mempunyai arti sebagai berikut.
Saka artinya tiang, penyangga;
Mitra artinya teman, sahabat; dan
Kompetensi artinya kemampuan yang seharusnya dimiliki siswa.
Secara filosofi Saka Mitra Kompetensi mempunyai makna bahwa untuk mencapai kompetensi diperlukan tiang penyangga/pijakan/pedoman yang kuat dengan membangun kemitraan yang sehat terhadap berbagai rekanan. Kata kompetensi dalam nama Saka Mitra Kompetensi dimaksudkan sebagai berikut.
a. untuk menyongsong diberlakukannya secara nasional pelaksanaan
    Kurikulum Berbasis Kompetensi,
b. selama ini SMK sudah menerapkan prinsip berbasis kompetensi.

Visi
Siswa SMK kompeten di bidangnya.

Misi
Bersama Saka Mitra Kompetensi menyiapkan siswa mandiri dan profesional.

Jenis Usaha
Menerbitkan buku teks, buku penunjang, dan sarana lain yang mendukung pembelajaran siswa SMK.

Buku yang Telah Terbit
Pada kurun waktu perjalanannya, PT SMK telah menerbitkan buku-buku pelajaran siswa dan buku pegangan guru untuk program normatif dan adaptif berdasarkan Kurikulum 1994 Suplemen GBPP 1999. Produk terbit SMK untuk buku pelajaran dan pegangan guru sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia Kelas 1, 2, dan 3 SMK;
2. Bahasa Inggris Kelas 1, 2, dan 3 SMK;
3. Sejarah Kelas 1, 2, dan 3 SMK;
4. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 1, 2, dan 3 SMK;
    serta
5. Pendidikan Agama Islam Kelas 2 dan 3 SMK.

Program Terbit Jangka Pendek
Seiring dengan telah dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, dan 24 Tahun 2005 maka tuntutan sarana kegiatan belajar bagi siswa SMK juga telah kami persiapkan. Program jangka pendek produk SMK sesuai Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sebagai berikut.
a. Program Normatif
    a) Bahasa Indonesia Kelas X, XI, dan XII, untuk SMK semua Bidang
         Keahlian.
    b) Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X, XI, dan XII, untuk SMK
         semua Bidang Keahlian.
    c) Pendidikan Agama Islam Kelas X, XI, dan XII, untuk SMK semua
         Bidang Keahlian.
    d) Seni Budaya dan Kesenian Kelas X, XI, dan XII, untuk SMK semua
         Bidang Keahlian.
    e) Ilmu Pengetahuan Sosial, untuk SMK semua Bidang Keahlian.
    f) Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMK semua Bidang Keahlian.

b. Program Adaptif
    a) Matematika Kelas X, XI, dan XII, untuk SMK Bidang Keahlian
         Teknik Industri.
    b) Matematika Kelas X, XI, dan XII, untuk SMK Bidang Keahlian Bisnis
         Manajemen.
    c) Bahasa Inggris Kelas X, XI, dan XII, untuk SMK Bidang Keahlian
         Teknik Industri.
    d) Bahasa Inggris Kelas X, XI, dan XII, untuk SMK Bidang Keahlian
         Bisnis Manajemen.
    e) Kewirausahaan
    f) KKPI

c. Program Produktif Bidang Keahlian Bisnis Manajemen


Program Terbit Jangka Menengah
Menerbitkan kelengkapan buku-buku pelajaran program normatif dan adaptif, serta buku-buku program produktif untuk Bidang Keahlian Teknik Industri.

Program Terbit Jangka Panjang
Menerbitkan buku-buku program produktif untuk semua Bidang Keahlian, buku-buku referensi, dan alat peraga (audio visual).

  Berita Terbaru
  
  Judul :
Olimpiade Nasional MIPA 2010 Diikuti 1.526 Mahasiswa
  Isi Singkat :

Sebanyak 1.526 mahasiswa akan ikut serta dalam seleksi wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 yang digelar oleh Departemen Pendidikan Nasional. Drai jumlah tersebut, 649 mahasiswa ikut serta dalam Olimpiade Matematika, 448 mahasiswa mengikuti bidang studi Fisika, dan 429 lainnya mengikuti bidang studi Kimia.



_____________________
  Judul :
179 SMK BI Akan Diverifikasi Ulang
  Isi Singkat :

Sebanyak 179 sekolah menengah kejuruan (SMK) yang saat ini sudah menjadi rintisan sekolah bertaraf internasional (SBI) di seluruh Indonesia, tahun ini akan diverifikasi ulang. Hasil dari proses verifikasi yang berakhir April 2008 ini nantinya akan menentukan apakah masing-masing sekolah tersebut layak untuk tetap menyandang status sebagai SBI atau tidak.



_____________________
  Judul :
Cukup Satu Sekolah Bertaraf Internasional di Setiap Kota
  Isi Singkat :

Menjamurnya sekolah berstandar internasional belum diikuti ketersediaan tenaga pendidik yang bisa mengajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, pemerintah hendaknya memperketat seleksi. Di kabupaten atau kota sebaiknya cukup ada satu SBI untuk tiap jenjang.



_____________________
  Judul :
Hebat, Indonesia Raih Gelar di Olimpiade Robot Dunia!
  Isi Singkat :

Tim Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga untuk kategori "Junior Regular Category" di ajang Olimpiade Robot Dunia (World Robot Olympiad/WRO) 2009 yang berlangsung pada 6-8 November 2009 lalu di Korea Selatan.



_____________________
   LINK
  Artikel
  Pencarian
  Search:
  
  
  Statistik Situs