HOME  PROFIL  PRODUK  BERITA  KONSULTASI
  Jam Analog
DETAIL BERITA

09-04-2010
 
Olimpiade Nasional MIPA 2010 Diikuti 1.526 Mahasiswa
 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.526 mahasiswa akan ikut serta dalam seleksi wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 yang digelar oleh Departemen Pendidikan Nasional. Drai jumlah tersebut, 649 mahasiswa ikut serta dalam Olimpiade Matematika, 448 mahasiswa mengikuti bidang studi Fisika, dan 429 lainnya mengikuti bidang studi Kimia.

Direktur Akademik Dikti, Illah Sailah, mengatakan proses seleksi di tingkat internal perguruan tinggi sudah dilakukan. Kini, tinggal menunggu seleksi wilayah yang digelar secara bersamaan pada tanggal 6-7 April 2010 oleh 12 perguruan tinggi, yaitu Universitas Syah Kuala untuk NAD dan Sumut; Universitas Riau untuk Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi; Universitas Sriwijaya untuk Sumsel, Babel, Bengkulu dan Lampung; Universitas Negeri Jakarta untuk Jabodetabek dan Banten; Universitas Pendidikan Indonesia untuk Jawa Barat; Universitas Negeri Yogyakarta untuk DI Yogyakarta; Universitas Sebelas Maret untuk Jawa Tengah; Universitas Airlangga untuk Jawa Timur; Universitas Udayana untuk NTT, NTB dan Bali; Universitas Negeri Makassar untuk Sulawesi; Universitas Mulawarman untuk Kalimantan; dan Universitas Patimura untuk Maluku dan Papua.

Menurut catatan Direktorat Akademik Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas, keikutsertaan peserta meningkat seiring dengan meningkatnya area wilayah yang ikut serta dari 10 wilayah pada 2009 dan sekarang 12 wilayah. Nantinya, empat hingga enam orang dari 20 pemenang Olimpiade Nasional MIPA ini akan diberangkatkan mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Sains Internasional ke-16 di Eropa Timur akhir Juli mendatang.

 
 
     
 

  Berita Terbaru
  
  Judul :
Olimpiade Nasional MIPA 2010 Diikuti 1.526 Mahasiswa
  Isi Singkat :

Sebanyak 1.526 mahasiswa akan ikut serta dalam seleksi wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 yang digelar oleh Departemen Pendidikan Nasional. Drai jumlah tersebut, 649 mahasiswa ikut serta dalam Olimpiade Matematika, 448 mahasiswa mengikuti bidang studi Fisika, dan 429 lainnya mengikuti bidang studi Kimia.



_____________________
  Judul :
179 SMK BI Akan Diverifikasi Ulang
  Isi Singkat :

Sebanyak 179 sekolah menengah kejuruan (SMK) yang saat ini sudah menjadi rintisan sekolah bertaraf internasional (SBI) di seluruh Indonesia, tahun ini akan diverifikasi ulang. Hasil dari proses verifikasi yang berakhir April 2008 ini nantinya akan menentukan apakah masing-masing sekolah tersebut layak untuk tetap menyandang status sebagai SBI atau tidak.



_____________________
  Judul :
Cukup Satu Sekolah Bertaraf Internasional di Setiap Kota
  Isi Singkat :

Menjamurnya sekolah berstandar internasional belum diikuti ketersediaan tenaga pendidik yang bisa mengajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, pemerintah hendaknya memperketat seleksi. Di kabupaten atau kota sebaiknya cukup ada satu SBI untuk tiap jenjang.



_____________________
  Judul :
Hebat, Indonesia Raih Gelar di Olimpiade Robot Dunia!
  Isi Singkat :

Tim Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga untuk kategori "Junior Regular Category" di ajang Olimpiade Robot Dunia (World Robot Olympiad/WRO) 2009 yang berlangsung pada 6-8 November 2009 lalu di Korea Selatan.



_____________________
  Artikel
  Pencarian
  Search:
  
  
  Statistik Situs