HOME  PROFIL  PRODUK  BERITA  KONSULTASI
  Jam Analog
DETAIL BERITA

18-11-2009
 
Hebat, Indonesia Raih Gelar di Olimpiade Robot Dunia!
 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga untuk kategori "Junior Regular Category" di ajang Olimpiade Robot Dunia (World Robot Olympiad/WRO) 2009 yang berlangsung pada 6-8 November 2009 lalu di Korea Selatan.

"Prestasi yang dicapai tim Indonesia kali ini merupakan hasil terbaik yang diperoleh Indonesia sejak mengikuti WRO pertama kali pada 2004," ujar Humas dan Promosi Mikrobot, Paula Augusta, dalam siaran persnya, Selasa (17/11).

Ajang kompetisi tingkat internasional ke-6 yang diadakan di Gyeongbuk Pohang, Korea Selatan, itu diikuti lebih dari 1.000 peserta dari 24 negara di seluruh dunia. Kompetisi WRO terbagi dalam dua kategori, yaitu Regular Category dan Open Category.

Dikatakannya, dalam Regular Category, peserta harus merakit sebuah robot untuk menyelesaikan suatu tantangan tertentu. Sementara itu, pada Open Category peserta bebas merakit robot menurut tema tertentu, yang kemudian mempresentasikan ciptaannya di hadapan dewan juri.

Di gelaran WRO 2009 kali ini, Indonesia mengirimkan tujuh tim untuk berlaga. Dari ketujuh tim tersebut, seluruhnya merupakan peserta untuk Regular Category.

Untuk tingkat Junior atau SMP, Indonesia menempatkan tim "Creator" yang beranggotakan Ivy Icasia dan Patricia Dissy Andrea. "Creator" berhasil meraih gelar sebagai juara kedua. Sementara itu, tim "Alpha-Rex", yang beranggotakan Billy Hocker Wistan dan Fernando berhasil merebut juara ketiga. Adapun juara pertama diraih oleh tim "White Lego" dari Korea Selatan.

Selain dari tingkat Junior, perolehan prestasi Indonesia yang bertanding di tingkat Primary atau Sekolah Dasar juga cukup memuaskan. Tim "Innocent", yang terdiri dari Kelvin Onggadinata dan Margaretha Hutabarat, merebut peringkat lima, di bawah China Taipei (juara 1), Korea (juara 2), serta Singapura (juara 3).

Mikrobot merupakan distributor resmi Lego Education, peraih penghargaan Golden Award untuk robot yang bisa menyelesaikan permainan rubic cube dalam waktu satu menit pada ajang Olimpiade Robot Dunia 2007 lalu. Sebelum berlaga di WRO, para peserta tersebut telah mengikuti seleksi tingkat nasional melalui Indonesia Robotic Olimpiad 2009 (IRO) yang berlangsung di Jakarta pada Agustus 2009. IRO diselenggarakan oleh Mikrobot.

 
 
     
 

  Berita Terbaru
  
  Judul :
Olimpiade Nasional MIPA 2010 Diikuti 1.526 Mahasiswa
  Isi Singkat :

Sebanyak 1.526 mahasiswa akan ikut serta dalam seleksi wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 yang digelar oleh Departemen Pendidikan Nasional. Drai jumlah tersebut, 649 mahasiswa ikut serta dalam Olimpiade Matematika, 448 mahasiswa mengikuti bidang studi Fisika, dan 429 lainnya mengikuti bidang studi Kimia.



_____________________
  Judul :
179 SMK BI Akan Diverifikasi Ulang
  Isi Singkat :

Sebanyak 179 sekolah menengah kejuruan (SMK) yang saat ini sudah menjadi rintisan sekolah bertaraf internasional (SBI) di seluruh Indonesia, tahun ini akan diverifikasi ulang. Hasil dari proses verifikasi yang berakhir April 2008 ini nantinya akan menentukan apakah masing-masing sekolah tersebut layak untuk tetap menyandang status sebagai SBI atau tidak.



_____________________
  Judul :
Cukup Satu Sekolah Bertaraf Internasional di Setiap Kota
  Isi Singkat :

Menjamurnya sekolah berstandar internasional belum diikuti ketersediaan tenaga pendidik yang bisa mengajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, pemerintah hendaknya memperketat seleksi. Di kabupaten atau kota sebaiknya cukup ada satu SBI untuk tiap jenjang.



_____________________
  Judul :
Hebat, Indonesia Raih Gelar di Olimpiade Robot Dunia!
  Isi Singkat :

Tim Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga untuk kategori "Junior Regular Category" di ajang Olimpiade Robot Dunia (World Robot Olympiad/WRO) 2009 yang berlangsung pada 6-8 November 2009 lalu di Korea Selatan.



_____________________
  Artikel
  Pencarian
  Search:
  
  
  Statistik Situs