HOME  PROFIL  PRODUK  BERITA  KONSULTASI
  Jam Analog
DETAIL BERITA

18-11-2009
 
Mahasiswa dari Seleksi Nilai Raport Lebih Berprestasi
 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perguruan tinggi negeri (PTN) rata-rata menyediakan 30 persen kuota untuk mahasiswa baru dari jalur seleksi nilai raport. Mahasiswa dari jalur ini dinilai lebih baik prestasinya dari mahasiswa dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN.

Direktur Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, prestasi akademik mahasiswa dari jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) berada di peringkat dua setelah mahasiswa yang diterima lewat ujian masuk yang diselenggarakan oleh UGM sendiri.

"Tapi kalau dibandingkan dari mahasiswa SNMPTN, indeks prestasi mereka lebih stabil dan lebih tinggi. Selain itu, mereka juga lebih aktif mengikuti berbagai kompetisi," tuturnya di Yogyakarta, Selasa (17/11).

Jenis-jenis PBU di UGM terdiri dari PBU tidak mampu yang disertai beasiswa penuh dari UGM, PBU berprestasi untuk pemenang kompetisi tingkat nasional, PBU olahraga dan seni bagi pelajar berprestasi di bidang olahraga dan seni, PBU pembangunan daerah bagi pelajar yang direkomendasikan oleh pemerintah daerahnya, serta PBU swadana dengan biaya ditanggung oleh wali peserta sendiri.

Menurut Budi, UGM menerima sekitar 1.950 orang atau 30 persen dari 6.500 mahasiswa baru lewat jalur PBU ini. Untuk tahun ajaran 2010/2011 pengisian formulir akan dimulai pada 2 Januari 11 Februari 2010 dengan syarat utama nilai raport semester I-V termasuk 25 persen terbaik di kelasnya.

"Pendaftar PBU juga harus terbukti tuntas dalam setiap mata pelajaran. Kesempatan terbuka untuk semua jenis sekolah lanjutan menengah atas dari semua daerah," katanya.

Budi mengatakan, tidak ada masalah apapun dengan grade sekolah asal, karena setelah pendaftaran mereka masih akan diseleksi lagi. Meskipun nilai raport tidak terstandar secara nasional seperti halnya Ujian Nasional (UN), pihaknya tetap yakin para pelajar yang dapat memenuhi syarat PBU tersebut mempunyai potensi akademik tinggi.

Pemerataan kesempatan

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab mengatakan, jalur PBU juga dimaksudkan untuk pemerataan kesempatan pendidikan bagi pelajar di daerah dengan sarana pendidikan minim. Oleh karena itu, peserta dari daerah tertinggal justru memperoleh prioritas dalam seleksi PBU di UNY.

Kesempatan mereka untuk dapat masuk perguruan tinggi berkualitas lebih sulit karena kemampuan akademisnya cenderung tak sebaik pelajar dari daerah lain. "Tapi, bisa jadi mereka sebenarnya pandai, hanya saja kurang bisa berkembang karena minimnya fasilitas pendidikan di daerahnya," ujarnya.

Akan tetapi, lanjut Rochmat, kuota jalur PBU sebesar 30 persen dari total mahasiswa baru di UNY selama ini belum bisa terpenuhi. Hal ini karena banyak peserta yang lolos seleksi tidak datang saat pendaftaran ulang.

Untuk tahun ajaran 2009/2010, dari sekitar 1.100 pelajar yang lolos, hanya sekitar 670 orang yang datang pada saat daftar ulang. Mereka diduga telah diterima di perguruan tinggi negeri lain. Sementara untuk tahun ajaran 2010/2011, UNY akan mulai membuka pendaftaran PBU sekitar Bulan Maret dengan kuota untuk lebih kurang 1.000 mahasiswa.

 
 
     
 

  Berita Terbaru
  
  Judul :
Olimpiade Nasional MIPA 2010 Diikuti 1.526 Mahasiswa
  Isi Singkat :

Sebanyak 1.526 mahasiswa akan ikut serta dalam seleksi wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 yang digelar oleh Departemen Pendidikan Nasional. Drai jumlah tersebut, 649 mahasiswa ikut serta dalam Olimpiade Matematika, 448 mahasiswa mengikuti bidang studi Fisika, dan 429 lainnya mengikuti bidang studi Kimia.



_____________________
  Judul :
179 SMK BI Akan Diverifikasi Ulang
  Isi Singkat :

Sebanyak 179 sekolah menengah kejuruan (SMK) yang saat ini sudah menjadi rintisan sekolah bertaraf internasional (SBI) di seluruh Indonesia, tahun ini akan diverifikasi ulang. Hasil dari proses verifikasi yang berakhir April 2008 ini nantinya akan menentukan apakah masing-masing sekolah tersebut layak untuk tetap menyandang status sebagai SBI atau tidak.



_____________________
  Judul :
Cukup Satu Sekolah Bertaraf Internasional di Setiap Kota
  Isi Singkat :

Menjamurnya sekolah berstandar internasional belum diikuti ketersediaan tenaga pendidik yang bisa mengajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, pemerintah hendaknya memperketat seleksi. Di kabupaten atau kota sebaiknya cukup ada satu SBI untuk tiap jenjang.



_____________________
  Judul :
Hebat, Indonesia Raih Gelar di Olimpiade Robot Dunia!
  Isi Singkat :

Tim Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga untuk kategori "Junior Regular Category" di ajang Olimpiade Robot Dunia (World Robot Olympiad/WRO) 2009 yang berlangsung pada 6-8 November 2009 lalu di Korea Selatan.



_____________________
  Artikel
  Pencarian
  Search:
  
  
  Statistik Situs