HOME  PROFIL  PRODUK  BERITA  KONSULTASI
  Jam Analog
DETAIL BERITA

05-11-2009
 
Di Pangkal Pinang, Lima Sekolah Terima ISO
 

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Sejumlah lima sekolah di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menerima sertifikat Organisasi Standar Internasional (ISO) untuk sistem manajemen mutu bagi lembaga pendidikan 2010 di daerah itu.
 
Kepala Dinas Pendidikan Pangkal Pinang Edison Taher di Pangkal Pinang, Rabu (4/11), mengatakan, sekolah yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 secara internasional diakui sebagai jaminan mutu pendidikan sehingga meningkatkan daya saing sekolah. Sekolah yang berhasil memperoleh ISO 9001: 2000 tahun 2009 adalah SDN 10, SMP 2, SMK 1, SMK 2, dan SMAN 1.
 
Ia mengatakan, penyerahan sertifikat ISO kelima sekolah itu akan dilakukan langsung oleh Wali Kota Pangkal Pinang Zulkarnain kepada kepala sekolah masing-masing yang mendapat sertifikat ISO pada Hari Ulang Tahun Kota Pangkal Pinang.
 
"Penyerahan sertifikat itu direncanakan pada hari jadi Kota Pangkal Pinang ke-53 tahun pada 14 November di Gedung Pertemuan DPRD Kota Pangkal Pinang," ujarnya.
 
Menurut dia, dengan menerapkan ISO, sekolah harus melakukan penetapan visi dan misi serta kebijakan mutu pendidikan dan penetapan target berkala di semua bagian.
 
Tujuan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 di sekolah antara lain untuk membangun kesadaran mutu bagi seluruh jajaran manajemen pendidikan di sekolah. Kemudian, menumbuhkembangkan semangat membangun sekolah bermutu dan kepekaan bagi tiap pendidikan bahwa generasi bermutu bangsa hanya dapat dibangun oleh sekolah bermutu.
 
Manfaat bagi sekolah yang telah mendapatkan ISO 9001:2000 ini adalah, orangtua siswa akan semakin percaya karena manajemen sekolah telah mempunyai sistem mutu yang jelas.  
       
Kemudian, sistem pengendalian proses pendidikan terkendali dan terukur serta penanganan komplain pelanggan efektif. Hal ini juga secara internasional diakui sebagai jaminan mutu pendidikan sehingga meningkatkan daya saing sekolah.
 
Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa sekolah yang telah mendapatkan sertifikat mutu internasional tersebut dapat mempertahankan sertifikat yang akan ditinjau setiap dua tahun sekali itu. "Yang sudah dapat (sertifikat) itu jangan menurun kinerjanya karena, kalau tahun depan layanannya menurun, tidak akan mendapatkan sertifikasi lagi. Tandanya, kinerja kurang baik," ujarnya.

 
 
     
 

  Berita Terbaru
  
  Judul :
Olimpiade Nasional MIPA 2010 Diikuti 1.526 Mahasiswa
  Isi Singkat :

Sebanyak 1.526 mahasiswa akan ikut serta dalam seleksi wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 yang digelar oleh Departemen Pendidikan Nasional. Drai jumlah tersebut, 649 mahasiswa ikut serta dalam Olimpiade Matematika, 448 mahasiswa mengikuti bidang studi Fisika, dan 429 lainnya mengikuti bidang studi Kimia.



_____________________
  Judul :
179 SMK BI Akan Diverifikasi Ulang
  Isi Singkat :

Sebanyak 179 sekolah menengah kejuruan (SMK) yang saat ini sudah menjadi rintisan sekolah bertaraf internasional (SBI) di seluruh Indonesia, tahun ini akan diverifikasi ulang. Hasil dari proses verifikasi yang berakhir April 2008 ini nantinya akan menentukan apakah masing-masing sekolah tersebut layak untuk tetap menyandang status sebagai SBI atau tidak.



_____________________
  Judul :
Cukup Satu Sekolah Bertaraf Internasional di Setiap Kota
  Isi Singkat :

Menjamurnya sekolah berstandar internasional belum diikuti ketersediaan tenaga pendidik yang bisa mengajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, pemerintah hendaknya memperketat seleksi. Di kabupaten atau kota sebaiknya cukup ada satu SBI untuk tiap jenjang.



_____________________
  Judul :
Hebat, Indonesia Raih Gelar di Olimpiade Robot Dunia!
  Isi Singkat :

Tim Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga untuk kategori "Junior Regular Category" di ajang Olimpiade Robot Dunia (World Robot Olympiad/WRO) 2009 yang berlangsung pada 6-8 November 2009 lalu di Korea Selatan.



_____________________
  Artikel
  Pencarian
  Search:
  
  
  Statistik Situs